Minggu, 27 Desember 2009 di 19.15 |  
Jaringan Komputer
By intakemaninjau
Definisi
Jaringan atau bahasa kerennya network, adalah dua komputer atau lebih yang dihubungkan dengan suatu media (kabel, serat optik, atau gelombang mikro) sehingga antara komputer tersebut bisa bertukar data. Gambar berikut contoh dari jaringan.


Berbagi dalam jaringan
Berbagi atau share adalah keuntungan yang didapat komputer dalam jaringan.
• Berbagi file. Dengan jaringan, kita bisa berbagi file pada sesama komputer dalam jaringan. Kita bisa membaca file dokumen pada komputer lain, kita bisa melihat gambar dari komputer lain, kita bisa memutar musik atau film dari komputer lain.
• Berbagi perangkat. Dengan jaringan, kita bisa mencetak dokumen kita pada printer yang berada ditempat lain. Kita bisa melihat DVD dari DVD Rom yang ada di komputer lain.
• Komunikasi. Dengan jaringan, kita bisa berkomunikasi visual dan audio dengan teman diseberang yang berada dalam jaringan.
Client dan Server
Dalam jaringan, komputer biasanya dibedakan menjadi dua jenis. Yang satu server yang satunya lagi client. Gampangnya, server adalah komputer yang punya sesuatu yang akan dibagikan ke komputer lain dan client adalah komputer yang minta sesuatu dari komputer lain. Misalnya:
• komputer disatu tempat digunakan untuk menyimpan data sesuatu (misalnya ketinggian level air) kedalam database. Database ini diambil datanya (dilihat ditempat lain) oleh komputer lainnya. Nah dalam kasus ini, komputer yang punya data disebut server dan komputer yang minta data disebut server.’
• Komputer disatu tempat menyimpan banyak file-file musik, film, gambar dll. Komputer ditempat lain biasa mengakses file-file dari komputer tersebut. Nah. Komputer yang punya file-file ini disebut server dan komputer yang mengaksesnya disebut client.
• Komputer disatu tempat punya printer. Komputer ditempat lain menggunakan printer ini. Komputer yang punya printer ini disebut server dan yang memakai printer disebut client.
Dari contoh diatas, komputer bisa disebut server dan client dalam waktu yang
Diposting oleh RPL

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates