Minggu, 22 November 2009 di 21.54 |  
Ikatlah Ilmu Komputer Dengan Menulis
Ilmu Komputer Dot Net - Indonesian
rulu ruru





post SQL Dengan MICROSOFT 2000 SERVER
June 26th, 2007
Filed under: Database — Unggul_USA @ 2:01 pm — View blog reactions

SQL : biasa dilafalkan dengan ‘eS-Qi-eL’ oleh beberapa orang dan dilafalkan dengan ‘sequel’ oleh yang lainnya. SQL secara de facto sudah menjadi bahasa standar yang digunakan untuk ‘create and querying’ suatu database. SQL adalah bahasa yang paling umum pada lingkungan relasional sistem. Diterima sebagai Standar America oleh American National Standart Institute ( ANSI ) dan merupakan sebuah Federal Information Processing Standart ( FIPS ) dan juga telah distandarisari oleh International Standart Organization ( ISO ).


SQL STANDART
Tujuan dari SQL Standart antara lain

* Menentukan syntax dan semantic dari SQL Data Definition Language ( DDL ) dan Data Manipulation Languange ( DML )
* Mendefinisikan data struktur dan operasi dasar untuk proses controlling, accessing, maintaining, controlling, dan proteksi atas suatu SQL database.
* Menyediakan portabilitas dari database definition dan aplikasi antar DBMS.
* Menspesifikasi Minimal Standar ( Level 1 ) dan Complete Standart ( Level 2 ) yang memungkinkan perbedaan tingkat adopsi dari berbagai produk.
*
* Menyediakan initial standart termasuk dalam menangani referential integrity, transaction management, user-defined-function, dll.

Kentungan dari SQL Standart antara lain Menurunkan biaya pelatihan, Productivitas, Dari Aplikasi, Application Longevity, Mengurangi Ketergantungan Terhadap Vendor tertentu, Cross-system-communication’

SQL ENVIRONMENT

env.JPG

DDL, DML, dan DCL
Perintah SQL dapat diklasifikasi menjadi 3 ( tiga ) tipe, yaitu : Data Manipulation Language ( DML ) , Data Definition Language ( DDL ) dan Data Control Language ( DCL ).
DDL adalah perintah-perintah yang digunaka untuk mendifinisikan database, termasuk, creating, altering, dropping tabel-tabel, dan mendifinisikan constrain. Beberapa diantaranya: Create Database
, Drop Database, Create Table, Drop Tabel, Alter Table, Truncate Table, Create View, Drop View, Alter View, Create Trigger, Drop Trigger, Alter Trigger.
DML adalah perintah-perintah yang dapat digunakan untuk memelihara dan meng-query database, termasuk dalam DML antara lain SELECT, UPDATE, INSERT, DELETE.
DCL adalah perintah-perintah yang digunaka untuk mengontrol database, termasuk mengatur hak akses suatu user terhadap suatu tabel atau suatu data. Beberapa diantaranya adalah GRANT, REVOKE.

SAMPLE PROJECT
Produk yang dijual oleh perusahaan asuransi berbeda-beda dalam hal kerugian yang ditanggung seperti kehilangan, kerusakan, injury, dsb. Contohnya perusahaan dapat menjual All risk atau Total Loss. Tipe kerugian yang ditanggung diterangkan pada polis.
Untuk masing-masing pelanggan, polis asuransi mobil hanya menanggung satu mobil dengan 1 atau lebih jumlah tertanggung. Pada project ini kita hanya memperhatikan kasus di mana klien adalah individual (bukan perusahaan).
Suatu polis dijual secara langsung oleh staff perusahaan (agen). Pihak tertanggung dapat terdiri dari lebih 1 orang, seperti satu orang dengan keluarganya.
Tahap awal penjualan asuransi dimulai dengan membuat draft polis. Aktivitas ini secara detil menerangkan hal-hal yang akan ditanggung dan untuk kejadian seperti bagaimana.
Setelah proses drafting, perusahaan asuransi memeliki seorang penaksir (rater) yang akan menentukan biaya yang harus dibebankan. Biaya ini didasarkan pada mobil itu sendiri, jenis tanggungan dan beberapa kualifikasi lain yang diberikan oleh calon klien.
Tahap terakhir adalah menyetujui polis yang dilakukan oleh underwriter. Underwriter memiliki tanggung jawab penuh untuk melakukan bisnis dengan pihak tertanggung. Tidak semua polis akan otomatis disetujui tanpa perubahan. Underwriter berhak untuk menolak draft polis yang diajukan. Pada kasus ini, agen asuransi perlu berkonsultasi dengan pihak tertanggung sebelum membuat modifikasi. Agen, rater dan underwriter adalah pegawai perusahaan asuransi.

db.JPG

Design Database

Catatan:

* Polis hanya mencakup 1 item dan item tersebut adalah mobil
* Polis asuransi dapat diperbaharui atau diupdate sebanyak mungkin
* Suatu polis mungkin menanggung beberapa kejadian seperti kebakaran, kehilangan, dsb
* Proses underwriting dan rating dapat dilakukan beberapa kali oleh orang yang berbeda-beda
* Begitu suatu polis disetujui, klien akan membayar dan polis akan diterbitkan

Inlinks :

* Apa itu Database ?
* Data Base #1
* Database #2
* SQL Dengan MICROSOFT 2000 SERVER

(No Ratings Yet)
2,279 Views
1 Comment »

1.

nice bro,
tp kq lembaran yg lain mana ya?
di tambahin lg ya… thx :)

Comment by kadal — January 29, 2008 @ 5:20 pm

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI
Leave a comment

Name (required)

Mail (will not be published) (required)

Website

Most Viewed Post/Page:
#
# Tips : Mengatasi Komputer Bermasalah - 20,472 Views
# Tips : Membuat Jaringan Wi-Fi - 13,018 Views
# Download - 8,427 Views
# Apa itu Multimedia ? - 8,390 Views
# Memilih Anti Virus - 8,218 Views
# SORTING ALGORITHM ANALYSIS - 7,793 Views
# Tips : Merawat Komputer - 6,239 Views
# Tip And Trik Macromedia Flash 8.0 - 6,168 Views
# Tips : Komputer Aman Dari Virus - 5,188 Views
# Sejarah Kriptografi - 5,111 Views

Most Rated Post/Page:
#
# Tips : Membuat Jaringan Wi-Fi - 8 Votes
# Tips : Mengatasi Komputer Bermasalah - 7 Votes
# Download - 5 Votes
# Tips : Komputer Aman Dari Virus - 5 Votes
# Memilih Anti Virus - 4 Votes
# Menjalankan Banyak Account Yahoo Messenger - 3 Votes
# Aplikasi Web Atau Aplikasi Desktop ? - 3 Votes
# Aplikasi Untuk Amankan Data Penting - 3 Votes
# Tips : Merawat Komputer - 2 Votes
# Database #2 - 2 Votes


ruld
Diposting oleh RPL

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates